Kita tahu bahwa proses pembelajaran dalam dunia pendidikan
memiliki metode dan pendekatan yang bermacam-macam. Tidak jauh berbeda dengan
kegiatan outbound,dari posting awal sudah di jelaskan bahwa outbound merupakan
salah satu metode pembelajaran. Metode
pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan Learning by Experience atau learning by doing. Metode ini cukup
menarik karena bentuk kegiatannya berupa permainan.
Coba perhatikan kemampuan seseorang dalam memahami sebuah
pelajaran dengan berbagai cara seperti yang pernah di jelaskan oleh Rose and Niehall MG, Accelerated Learning
berikut ini.
Mem – baca,
maka akan mengerti 20 %
Men – dengar,
maka akan mengerti 30 %
Me – lihat,
akan mengerti 40 %
Meng – kata
– kan, akan mengerti 50 %
Me – laku
– kan, akan mengerti 60%
Apabila mem – baca + dengar + lihat + kata + laku, maka akan
paham dan mengerti sampai 90 %
Dari penjelasan di atas maka jelas sekali bahwa dengan
metode learning by experience, kemampuan seseorang dalam menerima pelajaran
jauh lebih baik.
Ada empat tahapan proses pembelajaran dengan pendekatan
learning by experience, yaitu :
1.
Permainan
2.
Pembahasan
3.
Perenungan
4.
Penerapan / tindak lanjut
Metode lain yang relevan dan cocok dengan outbound adalah Quantum Teaching dan Accelerated Learning. Metode ini
mengutamakan pada proses pembelajaran yang cepat dengan mengutamakan pada
proses, yaitu :
1.
Melibatkan
3 komponen sekaligus dalam diri manusia yaitu, fisik (raga/psikomotorik),
pikiran (rasio/kognitif), dan emosi (rasa/afektif).
2. Belajar adalah suatu proses kreatif
3. Emosi dan pikiran harus memiliki energi
positif
4. Umpan balik
Dari penjelasan di atas sudah dapat disimpulkan bahwa keterkaitan
outbound dengan dunia pendidikan masih erat hubunganya, karena outbound
merupakan salah satu metode belajar.
No comments:
Post a Comment